L- 29 Dolphin merupakan pesawat latihan tempur yang sangat sederhana dan terbilang mudah. Cukup dengan mengeser kursi kedepannya. Maka bakal timbul pemikiran, jika pesawat tersebut dibuat untuk pribadi anda.
Pada perkembangannya, L-29 pertama kali muncul pada tahun 1950-an, yang Angkatan Udara Uni Soviet menjadikannya sebagai pesawat latihan bermesin jet.
Setelah awal tahun 1960-an, sebuah industri pertahanan di Negara itu kemudian mengupayakan perkembangannya. Sehingga 1963, Negara Ceko berhasil memproduksi secara massal pesawat tersebut.
Sekitar tahun 1974, pesawat yang diproduksi oleh Aero's Vodochody menjadi terhenti. Bahkan jika dijumlahkan, dari total 3.600 pesawat jet, sebanyak 3.000 dikirim ke Uni Soviet.
Sementara sisanya digunakan AU Ceko, Republik Demokratik Jerman, Romania, Suriah, Bulgaria, Hungaria, Mesir, Indonesia, Nigeria, Uganda, Irak.
L-29 Untuk Indonesia.
Pada dekade 1950an, Angakatan Udara Republik Indonesia (AURI) menyandarkan pendidikan lanjutan para kadet penerbangnya dengan pesawat baling-baling AT-6 Harvard. Namun karena kedekatannya dengan Blok Timur, maka Harvard pun dianggap tidak lagi memadai. Sehingga pesawat pancar gas menjadi penting, ditambah lagi suku cadang AT-6 Harvard mangkrak.
Kemudian dibelillah 30 unit MiG-15 UTI berkursi ganda, yang mulai datang pada tahun 1957-1958. karir MiG-15 UTI tidaklah mulus. Masalah suku cadang dan mesin yang rewel membuat pesawat jet latih ini juga ditinggalkan.
Januari 1964, AURI membentuk tim mencari pengganti MiG-15. Sasaran yang dituju adalah Cekoslovakia, yang saat itu memiliki pesawat latih baru L-29 Delfin (lumba-lumba) buatan Aero Vodochody. NATO memberinya kode Maya. Yang menggunakan saat itu baru AU Suriah
Beberapa waktu kemudian tim tersebut tiba di Praha, Cekoslovakia pada bulan Juni 1964. L-29 menunjukkan kehebatannya. Handling pesawat dibuat mudah untuk dikendalikan, dan yang terpenting, bidang pandang dari kokpit sangat jelas dan tak terhalang karena penggunaan desain kaca gelembung, termasuk pada kanopi depan. Ditambah lagi, L-29 juga sudah terpilih sebagai pesawat latih standar Blok Timur, mengalahkan kandidat seperti Yak-30 dan Ts-11 Iskra.
Jet ini dikenal bandel karena mampu lepas landas dan mendarat langsung di lapangan rumput atau landasan tanah yang diperkeras. Sistem persenjataan yang dapat dipasang meliputi kanon dan roket untuk latihan weapon delivery.
Hasilnya, kedutaan Besar Indonesia di Cekoslovakia menangani urusan keuangan, termasuk negosiasi harga. Cekoslovakia yang terhitung pelit dalam memberikan kredit, justru membuka tangannya lebar-lebar. Bahkan Indonesia tercatat sebagai debitur pertama untuk kredit ekspor dari Cekoslovakia.
Produksi pun dikebut. 1965, dua unit L-29 telah tiba, dengan beberapa penyesuaian untuk pengoperasian di wilayah tropis. Pesawat latih lanjut ini menerima kelir berupa strip petir warna merah yang memanjang di tubuhnya, beda dengan kelir Skadron Pendidikan TNI AU yang terpampang pada L-29 Delfin yang dapat ditemui di museum Dirgantara Mandala Yogyakarta saat ini.
Akibat dinamika dan perubahan politik pasca tahun 1965. Nasibnya harus berakhir begitu cepat di Tanah Air. Padahal, saat itu jet latih tempur ini usianya tergolong sangat muda dan modern pada jamannya.
L-29 Delfin sendiri baru benar-benar pensiun dari TNI AU ketika pesawat latih lanjut British Aerospace Hawk Mk.53 datang ke tanah air pada tahun 1980. Setelah itu, L-29 dinyatakan pensiun, sebagian masih dipertahankan untuk kursus teknik, sebagian dijadikan monumen, dan sebagian lagi ada yang dijual ke luar negeri seperti Amerika Serikat dan Australia dan saat ini bahkan masih terbang di kalangan pehobi aviasi
Spesifikasi
Mesin Cekoslowakia M701 dengan tujuh ruang pembakaran memiliki daya dorong mencapai 1.960 lbs, serta kecepatan maksimum 820 km/jam. Patut dicatat, M701 merupakan mesin pesawat jet pertama yang mempunyai kompresor sentrifugal fase tunggal dimotori oleh flow turbin axial fase tunggal. L-29 dapat mengudara selama 2 jam 30 menit dengan jarak jelajah hingga 894 km, menggunakan tip tank pada sayap.
Aero L-29 Delfin memiliki desain maksimal untuk pesawat kelas sub-sonik dengan posisi tempat duduk tandem dengan sayap lurus. Pesawat ini mampu mengangkut dua drop-tanks 150 kg, 100 kg bom, dengan pod yang masing-masing berisi empat roket 67 mm atau dua pod senapan mesin 7,62 mm. Kecepatan maksimal dengan persenjataan penuh di bawah sayap mencapai 0,7 Mach dan 0,75 Mach tanpa persenjataan.
• Panjang: 10,81 m
• Rentang sayap: 10,29 m
• Tinggi: 3,13 m
• Luas sayap: 19,8 m²
• Berat kosong: 2280 kg
• Berat isi: 3286 kg (7244 lb)
• Berat maksimum saat lepas landas: 3540 kg
• Mesin: 1 × Motorlet M-701C , 8,7 kN (1960 lbf)
Demi menyambut Hari Lebaran Idul Fitri, agen kasino terpercaya bolavita akan mengadakan promo menarik khusus lebaran. Untuk Semua pencinta kasino online indonesia.
ReplyDeleteBonus yang dberikan cukup mudah anda cukup melakukan deposit minimal 25rb. Masih banyak bonus lainnya yang diberikan agen kasino terpercaya bolavita. Ayo Jangan Sampai Ketinggalan Bonus Lebaran yang diberikan Bola-Vita
Gabung sekarang dengan Kami di Agen Bola vita(.)pro
• Sabung Ayam
• Bola
• Casino
• Togel
• Tangkas
• Tembak Ikan
• Pacuan Kuda & Balap Anjing
Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami di : https://bit.ly/2KCUVt8
YM1 : bola vita @yahoo.com
YM2 : agen bola vita @yahoo.com
wechat : bola vita
line : cs_bola vita
whatup : 6281377055002
BBM: D8C363CA (NEW), D1A1E6DF (NEW)